Merek sepeda premium Yeti dibangun oleh tukang las. (Foto: Yeti Cycles)

 

Yeti atau Yeti Cycles dikenal sebagai merek sepeda premium asal Colorado, Amerika Serikat. Tapi, tahukah Anda, siapa yang mengembangkan merek Yeti? Dia adalah John Parker, seorang tukang las set film di Hollywood.

Parker merancang sepeda merek Yeti di California pada 1985 ketika aktivitas bersepeda gunung mulai populer di Amerika Serikat. Tidak hanya merancang, Parker bahkan menjadi pembalap sepeda gunung sekaligus.

Pada 1990, Parker mengikuti Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung pertama di Durango, Colorado. Agar dekat dengan lokasi kejuaraan itu, Parker lalu memindahkan pabrik Yeti dari California ke Durango.

Merek sepeda premium Yeti dikembangkan oleh John Parker pada 1985. (Foto: Yeti Cycles)
Merek sepeda Yeti kini menjadi tunggangan goweser berkantong tebal. (Foto: Yeti Cycles)

Lima tahun kemudian, yakni pada 1995, perusahaan sepeda veteran Schwinn Bicycles Company yang didirikan oleh Ignaz Schwinn di Chicago pada 1895, pemimpin pasar sepeda selama abad 20, mengakuisisi Yeti Cycles.

Walaupun, pada saat mengakuisisi Yeti Cycles, Schwinn telah berada di bawah (sub-merek) Pacific Cycle, Inc., perusahaan pengimpor sepeda milik Dorel Industries, Kanada, yang didirikan oleh Chris Hornung pada 1977, usai menyatakan bangkrut pada 1992.

Namun, pada 1999, Schwinn menjual Yeti Cycle ke Volant, produsen peralatan olahraga ski yang didirikan oleh dua bersaudara Hank dan Bucky Kashiwa di Colorado, Amerika Serikat, pada 1989.

Pada 2001, dua karyawan Yeti Cycles membeli perusahaan tempatnya bekerja tersebut.

Kini, Volant dimiliki oleh perusahaan perlengkapan olahraga Amer Sports Oyj, anak perusahaan Anta Sports Products Limited asal China di Finlandia.

Menariknya, pada 2001, dua karyawan Yeti Cycles, Steve Hoogendoorn dan Chris Conroy, membeli perusahaan tempatnya bekerja tersebut. Kini, Conroy menjabat sebagai presiden, sedangkan Hoogendoorn sebagai wakil presiden Yeti Cycles dengan kantor pusat di Golden, Colorado.

Tidak hanya memproduksi sepeda kelas premium yang berharga mahal, pada 2012 Yeti Cycles juga mematenkan desain suspensi yang disebutnya Switch Technology.

Dua tahun berikutnya, bersama Fox Factory Holding Corp., produsen suspensi sepeda merek Fox Racing Shox asal Braselton, Georgia, Yeti Cycles meluncurkan suspensi Switch Technology yang lebih sempurna, yaitu Switch Infinity.[]

Gobar Yuk TV, Gowes Bareng Bikin Seneng

 

Sobat gobar, tonton dan subscribe video-video gobar (gowes bareng) kami di YouTube Channel: Gobar Yuk TV, ya! Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here