Juliana, merek sepeda gunung khusus wanita keluaran Santa Cruz Bicycles, Inc.

Sepeda gunung (mountain bike) tentu identik dengan sepedanya kaum pria yang suka tantangan. Tapi, Sobat Gobar, tahukah Anda jika ada merek sepeda gunung khusus wanita?

Ya, pada era 80-90-an, bersepeda gunung sedang tren sama seperti sekarang. Banyak orang membeli sepeda gunung demi mengikuti tren tersebut.

Seorang goweser sedang menapaki trek gunung menggunakan Juliana, merek sepeda gunung khusus wanita.

Rupanya, yang meramaikan tren itu bukan hanya pria, melainkan juga wanita. Wanita pemberani turut membeli dan menggunakan sepeda gunung selayaknya kaum pria.

Alhasil, Santa Cruz Bicycles, Inc., produsen sepeda yang didirikan Rob Roskopp, Mike Marquez, dan Rich Novak di Santa Cruz, California, Amerika Serikat, pada 1993, mencium bau peluang.

Pada 1999, Santa Cruz lantas merilis Juliana, merek sepeda gunung khusus wanita pertama di dunia. Langkah Santa Cruz itu tentu menjadi gebrakan yang sangat luar biasa bagi industri sepeda gunung global.

Santa Cruz merilis Juliana, merek sepeda gunung khusus wanita pertama di dunia.

Namun, entah kenapa Santa Cruz memilih Juliana sebagai merek sepeda gunung khusus wanita keluarannya. Tidak ditemukan alasannya.

Yang pasti, perubahan besar itu didorong oleh seorang wanita bernama Juli Furtado, pengendara sepeda gunung wanita paling sengit sepanjang masa.

Saat ini, Juliana telah berkembang menjadi merek sepeda gunung wanita kelas premium yang dikendarai oleh pembalap dan pemandu hingga meraih beragam penghargaan.

Juliana Furtado

Jika merujuk pada laman website-nya, Juliana memiliki lima model, antara lain Furtado dan Roubion yang berukuran 27,5 inci; Joplin dan Maverick berukuran 29 inci, dan Quincy sebesar 650b/700c.

Meski mengusung merek yang berbeda untuk pasar wanita, desain sepeda-sepeda Juliana tetap tak mau meninggalkan ciri khas Santa Cruz.

Harganya? Furtado yang berbahan karbon, misalnya, dibanderol antara US$4.099-6.899, tergantung ukuran.

Jadi, Sobat Gobar mau melompat-lompat di trek gunung menggunakan Santa Cruz bersama istri yang menunggang Juliana? Sepertinya tantangan yang patut dicoba, bukan?[]

Gobar Yuk TV, Gowes Bareng Bikin Seneng

 

Sobat gobar, tonton dan subscribe video-video gobar (gowes bareng) kami di YouTube Channel: Gobar Yuk TV, ya! Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here