Santa Cruz, merek sepeda gunung keluaran Santa Cruz Bicycles, Inc. asal Santa Cruz, California, Amerika Serikat. (Foto: Santa Cruz)

Jika berbagai sektor industri di seluruh dunia mengeluhkan dampak pandemi COVID-19, itu tidak berlaku bagi industri sepeda. Sebab, seperti kita lihat, industri sepeda justru booming sejak virus baru mewabah tahun ini.

Kewajiban untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi telah memunculkan tren bersepeda, tidak mengenal anak-anak maupun orang dewasa, tidak terbatas road bike, mountain bike, atau pun folding bike.

Cannondale, merek sepeda dari Cannondale Bicycle Corporation, Wilton, Connecticut, Amerika Serikat. (Foto: Cannondale)

Akibatnya, permintaan sepeda naik signifikan, yang tentu saja diikuti dengan kenaikan harga yang cukup tinggi. Padahal, produsen-produsen sepeda pun tidak menyangka akan “panen raya” tiba-tiba.

Dalam laporan berjudul “Mountain Bike Global Market Trajectory & Analytics” yang dirilis pada Oktober lalu, Research And Markets, periset pasar yang di Dublin, Irlandia, mengungkapkan betapa besarnya pasar sepeda gunung dunia saat ini.

Menurut perhitungannya, pasar sepeda gunung dunia pada 2020 tercatat sekitar 44,2 juta unit. Sekitar seperempat atau 11,9 juta unitnya disumbangkan oleh pasar sepeda gunung Amerika Serikat.

Yang menarik, tren bersepeda gunung diprediksi bakal berlangsung lama alias tidak sekadar musiman belaka. Research And Markets memproyeksikan pasar sepeda gunung dunia bakal berkembang hampir dua kali lipat atau menjadi sekitar 78,5 juta pada 2027.

Pasar sepeda gunung dunia pada 2020 tercatat sekitar 44,2 juta unit.

Tahukah Anda bahwa angka sebesar itu sudah mendekati besaran pasar sepeda motor dunia yang pada 2025 diyakini bakal terjual sebanyak 70 juta unit. Artinya, menurut MotorCycle Data, dalam rentang lima tahun sejak 2020, penjualan sepeda motor dunia hanya bertambah 13 juta unit.

Pertumbuhan pasar sepeda gunung dunia ke depan juga tak lepas dari pengaruh China, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia. Pada 2027, Negeri Panda tersebut diperkirakan menyumbangkan penjualan sebanyak 16,5 juta unit (CAGR 11,6%) ke pasar sepeda gunung dunia.

Pasar sepeda gunung yang tak kalah bergairah juga terjadi di Jepang yang selama periode perkiraan kemungkinan akan tumbuh sebesar 5,7%; Kanada 7,3%; dan Jerman 6,7%.

Merek-merek sepeda yang turut meramaikan pasar sepeda gunung dunia, sedikit di antaranya yaitu Cannondale, Giant, Norco, Santa Cruz, Scott, Marin, dan Trek. Itu belum termasuk merek-merek sepeda motor yang belakangan ini berlomba-lomba untuk mencoba peruntungan di pasar sepeda gunung dunia.[]

Gobar Yuk TV, Gowes Bareng Bikin Seneng

 

Sobat gobar, tonton dan subscribe video-video gobar (gowes bareng) kami di YouTube Channel: Gobar Yuk TV, ya! Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here