Perebutan juara European Mountain Bike Championships. (Foto: Ego Promotion)

Industri sepeda dunia benar-benar ketiban rezeki karena pandemi COVID-19. Di saat hampir seluruh sektor anjlok, industri sepeda justru “panen raya”.

Hal itu didorong oleh kepedulian masyarakat global yang meningkat drastis untuk lebih menjaga kesehatan tubuh dan berupaya terhindari dari penularan virus.

Bersepeda menjadi pilihan. Karena itu, masyarakat berlomba-lomba membeli sepeda, baik road bike, mountain bike, folding bike, atau pun lainnya, untuk berolahraga.

Bahkan, tidak hanya sepeda utuh yang laris-manis, tapi suku cadang yang beraneka ragam, mulai dari stang, rem, sedel, groupset, crankset, hingga aksesorinya juga ikut diburu masyarakat.

Yang menarik, ternyata permintaan pasar rangka sepeda global (global bicycle frames), bukan sepeda lengkap dan tidak termasuk aksesorinya, pun besar.

Sebuah studi yang dilakukan periset pasar global yang berpusat di California, Amerika Serikat, Global View Research, Inc., menyebutkan bahwa pasar rangka sepeda global diperkirakan akan bernilai US$32,8 miliar pada 2027.

Pasar rangka sepeda pada 2027 itu akan meningkat 6,1% dibanding tahun ini. Aluminium merupakan bahan rangka sepeda yang paling disukai konsumen karena harganya yang tak terlalu mahal.

Pasar rangka sepeda pada 2027 akan meningkat 6,1% dibanding tahun ini.

Meski demikian, perkembangan komposit modern yang mengadopsi bahan titanium dan serat karbon untuk membentuk rangka sepeda yang lebih ringan juga mengalami peningkatan permintaan.

Pasar rangka sepeda road bike menjadi jenis sepeda paling tinggi permintaannya, termasuk yang berbahan tinanium dan serat karbon, dibanding jenis sepeda lainnya.

Global View Research menyatakan konsentrasi produsen rangka sepeda Asia Pasifik, terutama di Indonesia, telah mendorong permintaan pasar di kawasan regional.[/]

Gobar Yuk, Gowes Bareng Bikin Seneng

 

Sobat gobar, tonton dan subscribe video-video gobar (gowes bareng) kami di YouTube Channel: Gobar Yuk TV, ya! Terima kasih.

 

Gobar Yuk TV, A Member of TechnoBusiness Media Group

Gobar Yuk, A Member of TechnoBusiness Media

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here