Nilai pasar kamera aksi global diperkirakan akan tumbuh signifikan pada tahun-tahun mendatang.

Kamera aksi (action camera) semakin digandrungi seiring dengan tren vlogging akhir-akhir ini. Banyak orang di berbagai belahan dunia semakin senang merekam apa pun kegiatannya, terutama di luar ruang.

Salah satu kegiatan yang sering diabadikan menggunakan kamera aksi adalah olahraga bersepeda. Walaupun aktivitas-aktivitas pembuatan konten di luar itu, terutama untuk konten Youtube, jauh lebih banyak.

Baca Juga: Nilai Pasar Helm Sepeda Global Bakal Mencapai US$1,1 Miliar

Kamera aksi biasanya memiliki lensa sudut lebar yang mampu menangkap gambar lebih luas. Resolusinya semakin tajam (4K) menyusul tuntutan hasil gambar yang berkualitas jernih.

Selain ada yang dilengkapi Wi-Fi, mayoritas kamera aksi juga dilengkapi dengan fitur stabilizer yang membuat video tetap stabil meski digunakan di medan yang penuh guncangan.

Untuk kebutuhan bersepeda, kamera aksi yang berukuran lebih mini daripada kamera pada umumnya acap kali dikenakan di helm atau di dada. Ada pula yang ditautkan di stang atau sekadar digenggam penggunanya.

Baca Juga: Pasar Sepeda Global 2027 Bernilai US$82,3 Miliar

Tapi, tahukah Sobat, berapa nilai pasar kamera aksi global saat ini? Berdasarkan firma riset pasar global Allied Market Research yang berbasis di Portland, Oregon, Amerika Serikat, nilainya tidaklah kecil.

Nilai pasar kamera aksi global pada 2019 tercatat sebesar US$2,1 miliar. Nilai pasar itu diproyeksikan terus meningkat menjadi US$3,2 pada 2027 mendatang mengikuti banyaknya pengguna di berbagai negara.

GoPro menjadi pemimpin pasar kamera aksi global yang masih sulit tertandingi. Apalagi sudah menjadi generic brand: apa pun mereknya disebut GoPro. Di Indonesia, sama seperti air mineral, apa pun mereknya, ya, Aqua.

Samsung dan Xiaomi merupakan sedikit merek lain yang turut meramaikan pasar kamera aksi global dengan strategi harga yang lebih murah dibanding GoPro.

Perhatian: Jangan lupa like, komentar positif, dan subscribe-nya ya, Sobat Gobar!

Amerika Utara (kawasan yang meliputi Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada) dan Eropa merupakan pasar terbesar kamera aksi sampai saat ini, termasuk untuk penggunaan drone.

Meski saat ini berada di belakang, pasar kamera aksi Asia Pasifik diyakini akan menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di masa depan. Hal itu dipengaruhi pula oleh lonjakan jumlah milenial yang beraksi di depan kamera.

Gobar Yuk, Gowes Bareng Bikin Seneng

Gobar Yuk TV, a Member of TechnoBusiness Media

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here