Invoxia Bike Tracker berfungsi sebagai reflektor cahaya sekaligus GPS tracker sepeda Anda. Keren, kan?

Sobat Gobar, coba cek kembali, sepeda Anda ada reflektor cahaya (light reflector)-nya atau tidak? Mayoritas dari kita justru membuang reflektor cahaya tersebut, kan. Padahal, fungsinya penting banget, lho.

Saking pentingnya, sebagai penanda ada sepeda di depan jika mendapat sorot lampu kendaraan lain dari belakang, penggunaan reflektor cahaya masuk dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan yang diterbitkan pada September lalu.

Baca Juga: BenjiLock by Hampton Fingerprint Bike Lock, Kunci Sepeda Tanpa Kunci

Tapi, tahu enggak Sobat, sebelum aturan itu resmi diberlakukan, reflektor cahaya sepeda telah berkembang tidak hanya sebagai pemantul cahaya, melainkan juga berfungsi sebagai global positioning system (GPS) tracker.

Tepat setahun lalu, Invoxia, perusahaan desainer dan pemasar telepon kantor pintar yang didirikan oleh Serge Renouard dan Eric Carreel di Issy-les-Moulineaux, Prancis, pada 2010, merilis inovasi terbarunya berupa Invoxia Bike Tracker.

Invoxia Bike Tracker yaitu reflektor cahaya sepeda yang terhubung dengan sistem pelacakan GPS dan teknologi pengenalan gerakan (movement recognition capabilities) pertama di dunia.

Dengan menambahkan sistem GPS tracker ke fungsi reflektor cahaya sepeda, aksesori tersebut kemudian dilengkapi baterai yang mampu menopang daya hingga satu bulan untuk sekali pengisian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here