Sepeda Canyon keluaran Canyon Bicycles milik salah satu Tim Gobar Yuk TV saat gowes bareng di C2AM 5 Cikole Bike Park, Ciater, Jawa Barat.

GBL atau Groupe Bruxelles Lambert (Euronext: GBL), perusahaan investasi asal Brussels, Belgia, sepakat mengakuisisi Canyon Bicycles GmbH, produsen sepeda yang berbasis di Koblenz, Jerman.

Tidak dijelaskan berapa nilai akuisisi itu, tapi Financial Times menyebut akuisisi GBL atas Canyon Bicycles tersebut kemungkinan mencapai €800 juta.

Meski diakuisisi, pendiri Canyon Bicycles Roman Arnold tetap menjadi pemegang saham individu terbesar dengan kepemilikan hingga 40%.

Baca Juga: Mengenal Polygon, Merek Sepeda Paling Populer di Indonesia

Untuk diketahui, GBL merupakan pemegang saham terbesar Adidas AG (ETR: ADS), produsen peralatan olahraga merek Adidas yang sangat populer asal Herzogenaurach, Jerman.

GBL juga tercatat sebagai investor utama di Pernod Ricard (Euronext: RI), produsen minuman beralkohol merek Absolut Vodka dan Glenlivet yang berbasis di Paris, Prancis.

Sepeda gunung keluaran Canyon Bicycles, Jerman.

GBL mengakuisisi Canyon Bicycles setelah kerja sama antara produsen sepeda premium tersebut dengan TSG Consumer Partners, perusahaan ekuitas privat asal California, Amerika Serikat, berakhir pada awal 2020.

Dalam pencarian mitra ekuitas baru, Bloomberg menyebut Canyon Bicycles sempat berbicara dengan beberapa calon investor seperti Carlyle Group, KKR & Co., Advent International, Apax Partners, General Atlantic, dan Permira.

Akan tetapi, dengan berbagai sebab, Canyon Bicycles kemudian tak mencapai kesepakatan dengan perusahaan-perusahaan itu dan menyetujui akuisisi dari GBL.

Meski diakuisisi, pendiri Canyon Bicycles Roman Arnold tetap menjadi pemegang saham individu terbesar.

Mengingat jauh ke belakang, Canyon Bicycles bermula dari cerita Roman Arnold dan saudaranya, Franc Arnold, yang mendirikan perusahaan pemasok suku cadang sepeda bernama Radsport Arnold GmbH di Jerman.

Namun, pada 1996, Roman dan Franc Arnold tertarik untuk memproduksi sepeda yang lantas dinamai Canyon dan memasarkannya secara langsung kepada konsumen melalui internet.

Baca Juga: Ternyata Ada Merek Sepeda Gunung Khusus Wanita, Lho!

Baru pada 2001, Radsport Arnold mengubah fokus bisnisnya dari sekadar pemasok suku cadang sepeda menjadi produsen sepeda. Nama perusahaannya pun kemudian diganti menjadi Canyon Bicycles GmbH.

Sejak itu, Canyon Bicycles memproduksi sepeda premium beragam jenis, baik road bike, mountain bike, maupun urban bike, dengan merek Canyon dan dipasarkan secara masif ke seluruh dunia.[/]

Gobar Yuk TV, Gowes Bareng Bikin Seneng

 

Sobat gobar, tonton dan subscribe video-video gobar (gowes bareng) kami di YouTube Channel: Gobar Yuk TV, ya! Terima kasih.

Gobar Yuk TV, A Member of TechnoBusiness Media Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here